Search

thumbnail

Cara farming dan Staking di Minswap

 Minswap adalah DEX ( Pertukaran Terdesentralisasi ) seperti Pancakeswap, uniswap dan susiswap. Untuk semua biaya swap  atau pertukaran token akan di kenakan biaya fee dan fee tersebut masuk ke penyedia liquiditas ( LP ) dan sini penulis mau sharing tutorial cara farming dan staking di minswap dengan cara kita menyediakan liquiditasnya di minswap.


Cara Membuat Liquiditas Di Minswap

Agar lebih memudahkan pembaca mempelajari pembuatan liquiditas ini, penulis akan mencontohkan pembuatan Liquiditas Poolnya menggnakan pair ADA/MIN, sebenarnya untuk menambahkan liquiditi kita ke farming ada dua cara untuk menambahkan liquiditas, cara manual dan cara otomatis atau ZAP

Menambahkan Liquiditas Manual

Inti dari menambahkan liquiditas ini baik yang manual ataupun otomatis adalah harus 1:1 untuk perbandingannya, contoh :

Contoh 1

50 cardano seharga $19.24 dan 995 min seharga $19.24 , harus setara harganya dari kedua token tersebut 1:1 atau $19.24:19.24

seperti gambar dibawah ini :


Liquiditi pool

Seandainya ada tulisan seperti gambar di atas insuficient MIN balance , berarti token MIN anda kurang untuk melakukan penambahan liquiditas tersebut dan itu ada harus membelinya dulu atau swap

Swap

Baca Juga :

Cara Staking Cardano Di Wallet Eternl

Cara Tarik Dana Dari Indodax Ke Dompet Shopeepay


Menambahkan Liquiditas Otomatis

Untuk cara yang dua ini lebih gampang dari cara yang pertama diatas , karna cara yang kedua ini menggunakan fasilitas atau tools zap-in yang sudah tersedia di minswap dan cara ini juga menghemat gas fee, karna dengan memakai ZAP ini anda hanya membeli satu pair saja dan satu pair pasanganya yang lain sudah di tangani oleh ZAP ini.

Zap liquiditi pool

Kalau melihat contoh gambar di atas hanya dengan 4 tahap kita bisa membuat liquiditas untuk Minswap

1. Klik Liquidity pilih ZAP

2. Klik yang bertulisan To LP dan cari LP mana yang ingin anda mau Staking dan farming

3. Setelah LP di pilih contoh ADA/MIN , ketik berapa token yang ingin di jadikan liquiditas

4. Setelahnya semuanya sudah sesuai prosedur , anda tinggal pencat tombol yang bertulisankan enter an mount

setelah anda membuat liquidas berhasil , anda bisa melihat liquiditas di panel Liquidiy >> your Liquidity


Baca Juga :

Cara Menambahkan Jaringan Avalanche Ke Metamask

Cara Menambahkan Jaringan BSC ke Metamask


Dari kedua cara tersebut mana menurut anda yang lebih mudah di pahami, cara manual atau dengan cara otomatis menggunakan ZAP ? pada tahap akhir ini LP ( liquiditi pool ) yang sudah anda buat tinggal di masukan ke farming poolnya minswap.


Cara farming Liquiditi Pool Di Minswap


Liquiditi farm

Gambar LP diatas itu ada dua yang satu di atas dan yang satunya lagi ada dibawah, walaupun pairnya sama yaitu ADA/MIN, perbeda'annya hanya satu , untuk yangnomber satu itu belum di masukan ke farm poolnya minswap dan yang nombernya duanya sudah dimasukan ke farm poolnya minswap.

Agar LP yang nomber satu bisa dimasukan ke farming minswap , anda bisa melihat video dibawah ini dari pembuatan LP sampai stake farming di minswap. sengaja saya contohkan pembuatan LPnya menggunakan fitur ZAP dikarnakan dengan model percontohan seperti itu dapat memudahkan penyampaian informasi.




Cara Staking Liquiditi Pool Minswap


Di Minswap ini ada token lain selain min yaitu mint , MIN dan MINT ini serupa tapi tak sama, kalau untuk MIN ini token minswap utuk farming sedangkan untuk Token MINT ini untuk penguncian atau staking LP Token.

Yealfarming Liquidity LOCK
Farming Pair VS Pair NO
Staking LP Token VS MINT Yes


Untuk mekanisme konversi ini, anda hanya membutuhkan liquiditas untuk di konversi dengan MINT yang nantinya Liquiditas anda akan terkunci bersama'an dengan MINT untuk batas waktu tertentu.

 
MINt Boosts



Minswap hanya menawarkan tiga Tier saja untuk melakukan penguncian staking Liquiditas pakai MINT. seperti gambar di atas. sebelum anda melakukan penguncian.

Syarat Staking  menggunkan MINT

1. Mempunyai MINT

Swap token Cardano anda untuk mendapatkan token MINT, untuk saat ini swap mint hanya bisa dilakukan oleh token cardano

2. Melepas LP token di farm pool

Sebelum melakukan penguncian, LP token anda harus di lepas terlebih dahulu

3. Jangan unstaking

Bagi anda yang mencabut staking belum pada waktunya, bonus atau booster dari penguncian mint akan dicancel atau di batalkan.


Perhatikan dua gambar dibawah ini :


Liquiditi Farm
Gambar 1


mint staking
Gambar 2

Menurut gambar diatas , ketika mau melakukan staking mint, anda harus mempunyai mint Token terlebih dahulu sebanyak 44.605, jumlah tersebut didapatkan dari LP Token di stake sejumlah 2.438.935.898.

Setelah anda memutuskan untuk melakukan penguncian LP token, anda akan diberikan tiga pilihan dengan opsi yang berbeda - beda, untuk ilustrasinya saya akan menyebutkan 1.3x , 1.7x, dan 2x

1. Penguncian LP token untuk 45 hari , anda akan mendapatkan 1.3x Lipat Keuntungan
2. Penguncian LP token untuk 90 hari, anda akan mendapatkan 1.7x Lipat Keuntungan
3. Penguncian LP token untuk 135 hari, anda akan mendapatkan 2x Lipat Keuntungan



Catatan :

Postingan diatas bukan sebagai anjakan untuk berinfestasi atau membeli token tersebut, Tulisan di atas sebagai inisiatif penulis sebagai bahan tutorial Minswap yang berada pada ecosystemnya Cardano


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments