Search

thumbnail

Memperbaiki Jam Atau Waktu Yang Sering Berubah Pada Linux Mint 21.3

Salah satu bug yang terdapat pada linux mint 21.3 adalah tidak syncronnya waktu, tanggal atau jam yang membuat saya gondok ( kesel ) sampai - sampai saya menuduh batre cmosnya sudah error.

cara memperbaiki jam atau waktu yang sering berubah
Batre Cmos

Pada salah satu postingan di forum linux mint ada yang bertanya "kenapa setelah saya upgrade linux mint waktu dan jam jadi tidak syncron atau error " dan dari semua jawaban yang sudah saya lakukan hanya satu jawaban yang membuat komputer saya kembali normal, yaitu hanya menginstall NTP ( Network Time Protokol )

Baca juga : Beberapa hal yang harus dilakukan setelah menginstall Fedora

 Ini kesalahan dari tim linux mint atau emang ini murni bug yang terdapat pada linux mint 21.3, menurut saya sangat di sayangkan saja kenapa NTPnya tidak terinstall secara default di versi yang terbarunya.

Cara Menginstall NTP Di Linux Mint

 Network Time Protocol (NTP) adalah protokol yang digunakan untuk menyinkronkan waktu antar sistem komputer dalam suatu jaringan. Jika Anda mengalami masalah di mana NTP tidak terinstall di sistem Linux Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstalnya.

Baca juga : Cara menginstall Unity3D di Fedora

1. Buka Terminal dan jalankan perintah seperti di bawah ini :

sudo apt update

sudo apt install ntp

2. Aktifkan layanan NTP dengan perintah seperti dibawah ini :

sudo service ntp start
Gunakan perintah di bawah ini bagi anda pengguna ubuntu 16.04 keatas atau jika anda menggunakan sistem operasi dengan systemd

sudo systemctl start ntp
3. Setting konfigurasinya agar berjalan otomatis saat komputer boot

sudo systemctl enable ntp
 
Setelah Anda menginstal dan mengonfigurasi NTP, sistem Anda akan mencoba menyinkronkan waktu dengan server NTP yang telah ditentukan dalam konfigurasi. 

Pastikan untuk menyesuaikan langkah-langkah sesuai dengan distribusi Linux yang Anda gunakan, karena perintah instalasi dan pengelolaan layanan dapat sedikit berbeda tergantung pada distribusi tersebut.

video di bawah ini salah satu bukti efek dari NTP yang tidak terinstall 


 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments